Sabtu, 01 Juli 2017

Puncak B29 Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Sebuah Negeri di Atas Awan

Pasca sidang skripsi usai, revisian pasca sidang selesei, dan rekapan ini itu untuk persiapan wisuda selesei, UAS selesei. Pada akhirnya, liburan panjang didepan mata! Kalau ingat masa itu, rasanya pingin kembali dan waktu berhenti biar bisa liburan terus wkwkwk.

Libur kurang lebih 3 bulan, bener-bener nikmat yang tidak bisa didustakan. Aku merancang list-list liburan yang akhirnya aku putuskan buat ke desa aja di Lumajang. Kenapa? karena disini banyak saudara dan ada rumah bukneng yang siap menampungku, jadi untuk biaya bisa lebih hemat wkwkwk. Lagian di lumajang banyak wisata baru yang sedang hits, dan banyak wisata yang ngga perlu keluar banyak biaya, ngga perlu mendaki menanjak yang aku pasti ngga mampu tapi tetap bisa memanjakan mata dengan pemandangan indahnya. Cucok deh....

Destinasi pertama aku putuskan buat ke Puncak B29. Aku sudah pernah kesini tapi nyampe tengah jalan hujan deres, jalan kelok kelok yang licin, kabutnya juga tebel jadi ngga memungkinkan buat melanjutkan perjalanan, akhirnya puter balik deh pulang hiks T.T jadi waktu kemarin kesini, berdoa kenceng semoga ngga hujan lagi. Amin yaAllaaahhhh.

Alhamdulillah, Allah mengabulkan doaku. Hari cerah sekali, ngga mendung juga, jadi perjalanan lancar. Selama perjalanan disuguhkan pemandangan yang super indah, kanan kiri jurang, full hijau, sawah-sawah lereng gunung dipenuhi tanaman daun bawang, dan kubis. Terus tampak puncak gunung semeru juga, subhanallah.

Tampak gunung semeru
Jalan berkelok-kelok, terkadang belok dan menanjak tajam
Lereng-lereng gunung ditanami daun bawang.
Ngga kebayang gimana cara nanemnya?
Perjalanan dari tempat aku menginap didaerah Tempeh, Lumajang sampai puncak b29 ini sekitar 1 jam. Motor yang disarankan adalah sejenis motor trail supaya kuat nanjak nanjak gitu, karena ada beberapa bagian jalan menanjak yang berbatu jadi biar aman pake motor sejenis trail. Buat yang ngga ada motor trail, bisa pake mobil atau motor biasa, nanti ada tempat rest area gitu buat parkir terus kalian bisa naik ojek. Ojek disini katanya sekitar 50.000 pulang pergi dan pak ojeknya mau nungguin.

Setelah goyang sana goyang sini diatas motor karena jalan berbatu, akhirnya sampai juga di puncak b29. Alhamdulillah. B29 sendiri artinya adalah bukit 2900 mdpl. Dari sini, kita bisa melihat indahnya pemandangan gunung bromo dari atas. Saking tingginya, desa ini disebut sebagai negeri diatas awan karena kalau pagi hari, awan putih menutupi daerah gunung bromo itu jadi berasa kayak diatas awan. Hawanya lumayan dingin ya gengs, jadi kalau kesini disarankan pake jaket tebel.

Kegirangan bisa nyampe puncak B29
Dari area berpaving tempat aku foto diatas, ada jalan setapak menuju bukit yang sedikit lebih tinggi. Disini ada halaman yang lumayan luas, biasanya buat pengunjung yang kemah, ini tempat pas banget ngelihat view pemandangan yang luar biasa indahnya. Oh iya, buat kalian yang pengen ngelihat saat-saat dimana B29 lagi indah-indahnya, disarankan berangkat shubuh sekitar jam 4 gitu, terus kalau cuaca mendukung, nyampe B29 pasti pemandangannya lebih ciamik!!!!

Pemandangan saat sunrise di B29. Image from google
Naik bukit pelan-pelan
One of the best view I've ever seen in my life

Diatas awan
Selesei menikmati pemandangan yang super duper indah. Aku sarapan di warung sekitar situ. Pak warung cerita kalau sekarang ada puncak yang lebih tinggi, namanya B30. Jaraknya hanya 2 kilometer dari B29 tapi ya gitu jalannya jalan setapak aja. Karena ngga mau menyia-nyiakan kesempatan, cuss deh perjalanan dilanjutkan ke puncak B30

Jalan ke puncak B30 bener-bener kayak jalan off road. Sempit, ada yang becek tergenang air juga, dan bikin badan goyang sana goyang sini wkwkwk. Aku cuma bisa pegangan jangan sampe kegelincir dan jatuh, amit amit deeehhh. Ngga ada penunjuk jalan satupun jadi aku sama mas cuman berbekal arahan arah dari pak warung hehehe. Sekitar 15 menit adrenalin membuncah, akhirnya kita sampai di lapangan yang ngga seberapa luas, dan hanya ada semacam bangunan kecil persegi tempat menaruh sesaji. Jadi, dimanakah B30?

Mas memarkir motornya, aku cuma bisa mengikutinya dibelakang. Jalan setapak diikuti kesana kemari dan ngga ada petunjuk satupun mana ada B30? Mas nawarin buat foto foto, aku masih ngatur nafas gara-gara habis off road wkwkwk, akhirnya aku bilang "balik aja yuk mas". Akhirnya kita menelan kekecewaan tidak bertemu dengan B30 pemirsaaahhhh.

Eeehhh baru aja menapaki jalan off road itu, kita papasan sama dua motor. Tanya lah kita,
"mau kemana?"
"B30"
"kita udah jalan kesana tapi kita ngga ketemu"
lalala yeyeye usut punya usut, salah satu orang di motor tersebut adalah orang asli daerah situ jadi pasti tau tempatnya. Cuss lah kita puter balik dan ngikutin dua motor tadi.

Dan ternyataaa B30 adalah lapangan yang ngga seberapa luas tadi. Jadi sebenernya aku sama mas udah berada ditempat yang benar wkwkwk. Yaa tapi alhamdulillah akhirnya dipuncak B30 ber-enam, ngga berduaan aja sama mas, dan setidaknya ketemu orang asli sana jadi sambil diceritain deh. Dan ternyata orang-orang yang lainnya adalah mahasiswa-mahasiswa surabaya yang lagi mudik ke kampung halamannya, dan mereka nge kos deket rumahku di Surabaya dan bahkan kenal sama beberapa temenku. Yaelah, dunia sempit banget yaaakkk.

Jadi B30 itu sebenernya ada penandanya gitu, ada tulisan gede P30, tapi entah kenapa lebih sering disebut B30, mungkin karena dianggap kelanjutan dari B29 yang sudah hits duluan sebelumnya. Terus penanda P30 itu dicopot karena (katanya) ada sedikit perselisihan entah apalah aku juga kurang paham yang akhirnya berujung dicopot deh itu tanda. Makanya waktu aku nyampe sana bingung mana tandanya? hehehe

Tanda P30 yang dulu ada tapi sekarang ngga ada.
Image from google

Well, lets photos talk then .... 

Panorama di puncak B30. Indahnya subhanallah
Happy!


Well, lumayan panjang juga yaa postingan ini. Liburan ini memang liburan yang sederhana tapi lewat liburan ini berasa banget nikmatnya, lihat kuasa Tuhan yang begitu luar biasa, jadi pengingat dan alarm buat diri sendiri kalau manusia itu ibarat butiran debu didunia ini.

Semoga keindahan dan kelestarian alam Indonesia terjaga selalu sampai nanti. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar