Minggu, 06 Maret 2016

Kumpulan Resep Olahan Ubi Ungu yang Mudah dan Bahannya Bisa Anda Temukan di Pasar Tradisional

Akhir-akhir ini, ubi ungu terlihat makin hits. Beragam resep hasil olahan kalau kita search di google "resep olahan ubi ungu", muncullah kemudian seambrek foto hasil olahannya. Mulai dari dibikin jajan, kue, pudding, minuman, dll. Warna ungu yang cantik juga jadi bikin ngga nahan buat diolah didapur. Kebetulan beberapa waktu yang lalu, hasrat mengolah ubi ungu lagi tinggi-tingginya tapi ketika aku nyari di dua pasar tradisional deket rumah, ternyata ngga ada yang jualan. Beberapa hari kemudian aku ada keperluan keluar kota, tepatnya ke Malang. Pulangnya mampir bentar ke pasar Lawang dan akhirnya menemukan ubi ungu favoritku ini. Belilah beberapa keranjang buat diolah dirumah.

Salah satu kebiasaan orang rumah kalau masak adalah tanpa pemberian bahan penyedap (baca: micin/MSG), sumbo (alias zat pewarna kimia), dan zat kimia lain. Alhasil, tiap masak mesti pake pewarna alami. Pernah ada suatu selamatan dirumah, salah satu kue basah yang kita bikin adalah lapis warna hitam dan hijau. Untuk warna hijau bukanlah satu hal yang sulit karena bisa dibuat dari daun pandan. Tapi untuk warna hitam? Jangan tanya gimana ribetnya. Warna hitam dibuat dari daun pisang yang dijemur sampai kering, kemudian dibersihkan, dibakar, ditumbuk pakai penumbuk kayu berkali-kali dan disaring berkali kali sampai benar-benar menjadi bubuk yang sangat halus. 

Terkadang memasak menggunakan pewarna alami menghasilkan warnanya ngga ngejreng ala ala kayak yang dijual itu, tapi nggapapa, untuk urusan rasa tetep harus enak. 

Cussss.... Lima resep olahan ubi ungu dibawah ini tidak sekedar copas dari sumbernya, tapi sudah aku praktekkan di dapur, dan ada beberapa sedikit modifikasi. Check it out!!!

1. KLEPON UBI UNGU

Sumber resep: diahdidi

Bahan:
- 100 gram ubi ungu kukus haluskan
- 70 gram tepung ketan putih
- 1/4 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 30 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa parut


Bahan isi :
- gula merah disisir secukupnya

Bahan pelapis :
- ampas kelapa parut untuk bikin santan
- 1 lembar daun pandan (saya skip karena ngga ada pandan didapur)
- 1/8 sdt garam*campur semua bahan pelapis kemudian kukus

Cara Membuat :
- campurkan ubi ungu yang sudah dihaluskan + tepung ketan putih + garam + gula- tambahkan santan hangat sedikit demi sedikit, campur sampai dengan kalis (tidak lengket)
- ambil sedikit adonan, pipihkan, beri isian gula merah, bentuk bulat-bulat. hati-hati jangan sampai mbonjrot gula merahnya hehehe
- lakukan hingga semua adonan habis
- rebus adonan klepon di air mendidih sampai mengapung kemudian tiriskan
- gulingkan ke bahan pelapis*note : klepon paling enak disajikan selagi hangat

2. NASI UBI UNGU

Sumber resep dari sini
Bahan :
* 150 gr beras
* 100 gr ubi ungu
* 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
* 1/2 sdt garam* 2 lembar daun salam
* 1 batang serai, ambil bagian putihnya lalu memarkan


Cara Membuat :
* Kupas ubi lalu iris kecil-kecil kemudian blender hingga halus, untuk mempermudah bisa ditambahkan sedikit air. Setelah halus kemudian saring dan ambil sari ubi


* Panaskan santan bersama sari ubi ungu, garam, daun salam dan serai hingga mendidih, kemudian masukkan beras yang telah dicuci sebelumnya. Masak dengan api sedang hingga air menyusut dan meresap ke dalam beras dan beras menjadi aron. Angkat.


* Panaskan kukusan. Kukus aron beras tadi hingga matang, sekitar 30 sampai 40 menit. Angkat dan nasi ubi ungu siap disajikan bersama dengan lauk pauk.

3. BROWNIES KUKUS UBI UNGU
Sumber resep dari diahdidi

Bahan :
- 4 butir telur
- 120 gram gula pasir
- 1 sdt sp
- 160 gram tepung terigu (aku pake segitiga biru, pake kunci biru juga bisa)
- 60 ml santan
- 60 gram margarin lelehkan
- 160 gram ubi ungu kukus, haluskan
- 1/4 sdt garam
- 60 gram white chocolate, lelehkan

Cara membuat :
- Kocok telur + gula + sp pake mixer sampe dengan ngembang. awalnya pake kecepetan 1 dulu biar ngga muncrat-muncrat, habis itu pake speed 2 dan 3. Tanda kalau ngembang, kalau diangkat bentuk garis garis, garisnya ngga langsung hilang tapi bertahan beberapa detik di permukaan adonan.

- tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk (jangan diaduk pake mixer, pake spatula yang biasanya dapet sepaket dari mixernya itu)

- tambahkan campuran santan + ubi ungu + garam dikit dikit sampe rata

- tambahkan margarin leleh, aduk rata. Hati-hati karena margarin seneng ngumpet dibawah adonan.

- tambahkan coklat putih leleh, aduk rata.

- Masukkan ke loyang 24x10x7 yang udah dioles margarin + taburan tepung, atau bisa juga dioles 
margarin dan diberi alas kertas roti

- kukus sampe matang. Alangkah baiknya tutup kukusan diberi serbet supaya uap air kukusannya ngga jatuh ke adonan.

4. TERANG BULAN UBI UNGU (MARTABAK MANIS UBI UNGU)


Bahan:
- 100 gram gula pasir
- 250 gram tepung terigu
- 2 butir telur ayam
- margarin atau mentega secukupnya
- 1/2 sdt garam
- 10 gram ragi (fermipan)
- 1/2 sdt baking powder
- 500 ml susu cair
- 300 gram ubi ungu kukus

Taburan :
meisis, coklat parut, keju, dll. sesuka hati aja :))

Cara Membuat :
- blender ubi ungu kukus + susu cair, saring dan peras. buang ampasnya.

- campur gula + telur + garam + tepung terigu + baking powder + ragi + hasil blenderan ubi ungu

- aduk semuanya sampai rata dan diamkan 15 menit

- panaskan wajan khusus buat martabak mini, atau buat martabak kayak orang jualan, atau bisa juga kayak aku pake teflon

- olesi wajan dengan mentega/margarin. tuangkan adonan secukupnya. Tekan pinggiran adonan buat bikin kulit pinggiran terang bulan yang krispi.

- masak sampai matang, angkat, beri olesan mentega atau susu kental manis + topping sesuai selera.

- terang bulan ubi ungu siap disajikan

5. ES KRIM UBI UNGU

Bahan :
- 250 gram ubi ungu kukus, haluskan
- 1 bungkus agar-agar plain
- 1 kaleng susu kental manis putih
- 1 sdt sp
- 1 butir telur
- 1 sdt garam
- 1 sdt vanili bubuk
- 200 ml susu cair putih

Cara Membuat :
- Siapkan mangkuk besar, campurkan semua bahan

- Mixer sampai dengan kekentalan pas. Kalau terlalu kental bisa tambahkan air secukupnya sampai kekentalan dirasa pas

- Masak adonan diatas api kecil sambil terus diaduk sampai meletup-letup, kemudian dinginkan

- Mixer kembali sampai benar-benar lembut

- Masukkan freezer sampai beku. Kalau udah beku, dirasain ternyata belum lembut, mixer lagi kemudian masukin freezer lagi.

- Packingnya sesuai selera aja, karena aku ngga punya cetakan scope ice cream, yaudah pake tempat agar-agar aja hehehe

HAPPY COOKING, GUYS. everyone can cook as long as you wanna try ^^