Sabtu, 01 Juli 2017

Mengintip Keindahan Kebun Teh Gucialit, Lumajang

Setelah destinasi liburan pertama (baca disini: puncak B29) bisa aku datangi dengan lancar. Keesokan harinya kuputuskan untuk istirahat terlebih dahulu. Kemudian 2 hari setelah dari B29, aku mengajak si mas lagi buat ke list liburanku selanjutnya, yakni kebun teh gucialit.

Menceritakan tempat ini membuatku terjebak nostalgia (eeeaaaakkkk, lol). Jadi, aku tau tempat ini dari google, waktu ayah tak ajak kesana ngga mau karena takut jalannya kelok-kelok. Terus ada temen yang udah pernah kesini dan bilang bagus, jadi siapa yang ngga tergoda buat kesiniii???? di google juga fotonya bagus bagus. Mas sendiri belum pernah sampe ke kebun teh nya, si dia cuman pernah lomba bulu tangkis didaerah itu dan pulang dibawain daun teh kering yang siap diseduh buat minuman teh dirumah.

Mas njemput ke rumah tempat aku nginap sekitar jam 7 pagi dan kita pun berangkat. Gucialit sendiri lebih dekat dijangkau dari arah kota Lumajang, sampai digerbang kawasan pabrik teh nya itu sekitar 45 menit saja karena jalannya ternyata ngga sehoror yang aku bayangkan (efek habis melewati jalan off road waktu ke B30). Aspalnya mulus, jalannya lancar, dan pemandangannya bagus.

Pabrik teh Gucialit, Lumajang
Sampai dipabrik ini, rasanya perjalanan destinasi wisata kali ini lancar-lancar aja. Tapi, aku belum lihat kebun tehnya. Awalnya si mas ngikutin jalan aja, dan disinilah perjuangannya dimulai, ternyata jalanan kebun tehnya ngga aspal-an geeengs, jalan bebatuan yang nanjak dan kelok kelok juga, terus motor yang dibawa mas adalah motor bebek wkwkwkwk. Beeehhh dikit dikit turun dari motor, ndorong motor, naik lagi, terus mesinnya mati, gituuuu terus sampai ngga terasa kita udah tinggi aja diatas bukit.


Sadar tujuan kita sebenernya ngga jelas. Mas akhirnya tanya sama warga sekitar dimana biasanya tempat orang buat foto-foto itu atau tempat kebun teh yang dijadikan destinasi wisata. Ngobrol sana sini, dan pada akhirnya sampailah pada satu kesimpulan bahwa kita salah jalaaaannnn!!!!!! Oh meenn, padahal nyampe sini udah perjuangan banget naik turun motor, ndorong, jalan kaki, gitu teruuussss. Yaudah, kita puter balik dan memilih ke jalan yang benar. Sampailah kita pada spot pertama, air terjun dikawasan kebun teh gucialit.

Air terjun dikawasan kebun teh gucialit

Sungai sebagai aliran dari air terun
Sampai sinipun rasanya aku udah seneng, aku udah tau bentuk kebun teh itu kayak gimana dan udah ketemu air terjun yang keliatan banget segernya. Tapi, tanya-tanya orang diparkiran motor itu bilang kalau ada spot puncak kebun teh gucialit yang jaraknya sekitar 10 km dari air terjun tapi jalannya bebatuan dan menanjak. Rasanya pingin kesana tapi melihat motor yang kita bawa ngga memungkinkan, rasanya aku udah ikhlas kalau harus pulang aja. Tapi, mas bilang coba dulu dek, nanti kalau emang ngga bisa yaudah balik. Cuusss deh

Benar saja, perjalanan bener bener ngalah-ngalahin off road di B29 kemarin. Tapi, kanan kiri pemandangan kebun teh yang sejuk bikin seneng aja gitu rasanya. Tiap kita papasan sama orang ditengah perjalanan, kita selalu tanya masih jauh? dan semuanya bilang "masih jauh". Its oke, kita mah modal nekat dan semangat!!!!! hahaha

Sekitar 20 menit kita bergejolak dijalanan, mas memutuskan buat istirahat. Bener-bener melelahkan hahaha. yaudah kita foto foto dulu.

Kebun teh gucialit
Motor bebek super strong
Pemandangan selama diperjalanan
Selama kita foto-foto, mas sadar kalau diatas sana tampak gubuk kecil gitu. Gara-gara lihat itu, niat awal kita untuk mengakhiri perjalanan akhirnya terpacu untuk melanjutkan perjalanan lagi sampai kita bisa nyampe gubuk itu. Gaspooolllll....

Entah kekuatan darimana waktu itu aku sama mas akhirnya bisa sampai dipuncak kebun teh gucialit yang ketinggiannya sekitar 1400 mdpl dengan motor bebek, jalan berbatuan dan menanjak. Alhamdulillah

Keindahan hakiki

Puncak kebun teh gucialit. 1400 mdpl

Alhamdulillah, list liburan kedua juga sudah tuntas. Saranku sendiri kalau kalian pengen liburan kesini, bawalah motor trail yang kuat untuk melewati jalan jalan berbatuan dan penuh tanjakan. Dan yang terpenting, jagalah kebersihan yaaaaa. Sampai jumpa diliburan selanjutnyaaaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar