Jumat, 26 Desember 2014

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM-TL) Tahap II Universitas Airlangga

Oke, jadi acara ini udah kurang lebih 1,5 bulan yang lalu tapi baru sempet sharing sekarang. Weekend bulan ini alhamdulillah ada aja acara kampus entah itu didalam maupun diluar kota. Kalau acara kampusnya diluar kota, hitung-hitung sekalian liburan dengan biaya miring bahkan gratis yaa hehehe.

LKMM-TL merupakan serangkaian latihan keterampilan manajemen mahasiswa tingkat lanjut yang notabenennya lanjutan dari LKMM-Tingkat Dasar dan LKMM-Tingkat Menengah. Biasanya, LKMM-TL ini diikuti oleh para mahasiswa yang emang aktif di organisasi dan mau mencalonkan diri jadi ketua BEM, BLM, dan sebagainya. Sedangkan aku? Organisasi aja cuma aktif di satu UKM dan pengalaman organisasi masih secuil jagung.

Walhasil, selama disana, saat pembagian kelompok, akulah satu-satunya angkatan 2013, yang lain angkatan 2012 dan 2011. Gapapa lah yaa, kecil-kecil cabe rawit ^^

Ayanna Hotel & Resort
Acara ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam dengan full GRATIS! Siapa ngga bahagia? Penginapannya juga kualitasnya nyaman dan bagus banget. LKMM-TL ini bawaannya bahagia terus deh pokoknya hahaha. Hari pertama diisi dengan materi yang tujuannya supaya kita, para peserta LKMM TL, mampu membaca wacana masyarakat dan memberikan solusi jangka pendek maupun jangka panjang. Intinya tujuan dari LKMM TL ini supaya kita mampu terjun dan membaca wacana masyarakat.

Selama materi itu, ngga perlu kuatir membosankan hehehe. Karena setiap 2 jam ada coffe break, dan makan prasmanan tepat 4 jam sekali. Alhamdulillah yaaa. Materi yang dipersentasikan juga pastinya bermanfaat banget, apalagi buat bekal nanti kalau KKN, atau kalau lulus kuliah kan harus terjun ke masyarakat gitu.

Kamar selama 3 hari 2 malam disana
Hari kedua, ini yang paling seru! Jadi, para peserta LKMM TL yang notabenenya dari 14 fakultas di UNAIR dibagi kelompok-kelompok kecil dan masing-masing kelompok tak ada satupun yang berasal dari fakultas yang sama. Yaaa, mirip-mirip sama kelompok KKN lah yaa. Dari kelompok kecil itu, kita dikasih satu tujuan desa atau dusun untuk dikunjungi dan diberi tugas untuk mengambil salah satu masalah pokok disana. Setelah itu, dari permasalahan yang ada kita ditugaskan untuk membuat wacana, dan wacana tersebut dipersentasikan didepan para pengisi materi yang sudah memberi bekal tips dan trik di hari sebelumnya.

Kebetulan, aku kebagian kelompok tiga dan bakal mengunjungi Dusun Kemlagi, Desa Kasiman, Kecamatan Trawas, Mojokerto. Waktu nyampek dusunnya, orang pertama yang kami temui adalah kepala dusunnya. Alhamdulillah, kita disambut dengan sangat baik dan sangat terbuka. Kita bertamu dirumah beliau kurang lebih satu jam, bertanya masalah apapun mulai dari kesehatan, pertanian, peternakan, irigasi air, dll. Yaa gini ini kalau berkawan sama anak lain jurusan, pengetahuan jadi nambah. Ngga rugi deh ikut LKMM-TL ini.

Full team kelompok tiga bersama kepala dusun Kemlagi
Dari rumah bapak kepala desa, kami diantar beliau mengunjungi sawah, melihat irigasi air, peternakan ayam, dll. Subhanallah ternyata sumpah demi apa indah bangeeeetttttt.

Dusun Kemlagi, Desa Kasiman
Peternakan ayam potong
Dari sini, kita dibagi menjadi 3 sub kelompok. Karena kelompok kami hanya memiliki 3 cewek, maka masing-masing sub kelompok itu diberi 1 cewek sebagai seketaris hehehe. Kelompok pertama yang bakal cari narasumber terkait masalah pertanian, kelompok kedua mencari narasumber terkait masalah irigasi air, dan kelompok tiga mencari narasumber terkait masalah budidaya salak ranubaya. Dan, aku berada pada sub kelompok ketiga.

Kesana kemari akhirnya kita menemukan rumah bapak ketua budidaya salak ranubaya. Sekilas mengenai salak ranubaya. Salak ranubaya adalah salak komoditi khas dari dusun kemlagi sebagai hasil inovasi dari salak pondoh. Jadi, rasanya lebih enak. Alhamdulillah, kami juga disambut baik dirumah beliau. Dan Alhamdulillah lagi, kita diajak ke kebun salak. Yeeeyyyy!!!!!

Perkebunan salak ranubaya
Menyusuri setapak demi setapak.
Harus hati-hati biar ngga kena duri

Dan setelah menyusuri kebun salak, ternyata ada salak yang sudah matang. Waaah, rejeki anak sholeh. Alhamdulillah, dapet bonus makan salak gratis ditambah dapet tambahan salak satu kresek. Makasi yaa, bapak.

Makan salak langsung di kebun salak. Masih tampak ada duri-durinya.
Ternyata bener, rasa salak ranubaya lebih enak
Setelah dapet salak satu kresek, kita akhirnya kembali ke rumah kepala dusun untuk bertemu 2 sub kelompok yang lain dan berpamitan kembali ke hotel. Bahagia banget bisa ketemu orang-orang hebat dari Dusun Kemlagi ini.

Di hotel, kita sesegera mungkin berkumpul di balkon lantai tiga, duduk di meja bundar, dan memulai diskusi untuk membuat sebuah wacana dari tiga masalah pokok yang kami temukan di Dusun Kemlagi. Jadi, dari 3 masalah utama itu, kita hanya memilih satu saja sebagai bahan membuat wacana. Dan disinilah musyawarah untuk mufakat itu diperlukan, walaupun setiap kepala dari kita pasti punya suara masing-masing tapi yaa menghargai setiap pendapat itu tetap sebuah keharusan.

Full team kelompok tiga diskusi.
Sambil ditemani coffee break dan sekresek salak ranubaya hehehe
Oh iya, balkon lantai tiga ini tempat pewe banget. Dari sini, kita bisa liat pemandangan indah, jadi nyaman banget buat mikir.

Sudut lain hotel
Pemandangan Gunung Penanggungan
Pemandangan sawah tepat didepan hotel
Yap, walaupun sempat kaget karena jadwal persentasi wacana yang harusnya hari Minggu pagi ternyata dimajukan secara mendadak menjadi hari Sabtu setelah sholat maghrib. Tapi yaa alhamdulillah kita cukup lancar walaupun beberapa hal ada yang perlu direvisi dari PPTnya hehe. Oh iya, satu kresek salak itu kita ngga ngehabisin sendiri, kita juga menyajikan salak tersebut untuk dewan juri dan para peserta yang lain.

Alhamdulillah, LKMM-TL ini benar-benar pengalaman yang sangat berharga. Bisa dibilang KKN secara singkat lah yaa, itung-itung pemanasan sebelum KKN sesungguhnya yang insyaAllah tahun depan hehehe.

Not full team. Ini perwakilan dari FKG. Ada 6 orang dan semuanya cewek.
Yaa memang FKG itu fakultas kebanyakan gadis hehehe
Bangga bisa mengenal mereka
Thanks for reading
Good night


Tidak ada komentar:

Posting Komentar