Selasa, 12 Agustus 2014

Jelajah Kota Surabaya (3). Ecowisata Mangrove Wonorejo, Surabaya bersama HiLo Green Surabaya dan HiLo Green Ambassador

Selamat malam, teman-teman blogger. Jangan bosen baca tulisanku yaa hehe. Kebetulan hari Sabtu, 09 Agustus 2014 kemarin aku ikutan acaranya HiLo Green Community (HGC) cabang Surabaya yang bertajuk "Peduli Mangrove, Peduli Surabaya". Kebetulan aku tahu acara ini karena diajakin temen dan aku langsung bilang 'iya' soalnya mumpung liburan kuliah dan gabut dirumah. Alangkah lebih baik kalau diisi dengan kegiatan positif kayak gini nih.

Sumber: @HiLoSBY
Oh iya, sekedar sharing, temenku yang ngajakin namanya Andina. Hampir mirip lah yaa sama namaku dan uniknya, we are scolioser! Tapi, Andina sudah terdeteksi mengidap skoliosis sejak sekolah dasar sedangkan aku baru sadar waktu SMP. Awal pertemuan kita juga karena kita sama-sama bergabung di grup MSI (Masyarakat Skoliosis Indonesia) dan kemudian persahabatan kita terus berlanjut karena ternyata banyak temen baikku yang ternyata juga temen baiknya Andina. Betapa dunia begitu sempit, kawan.

Andina dan Adina.
Pamer dikit yaa, itu kerudungku hasil desain sendiri haha
Berangkat pagi-pagi dan sempat terjadi kecelakaan. Sekedar cerita bentar yaa, motor depannya Andina ngerem mendadak dan akhirnya terjadi tabrakan. Andina jatuh dari motornya dan aku yang waktu itu tepat berada dibelakang motornya Andina untugnya masih sempat ngerem dengan sangat mendadak. Tapi, Andina tetap semangat buat melanjutkan menuju tempat acara walaupun tangan dan kakinya sedikit beset-beset.

Sampai disana, ternyata aku dan partisipan lain bakal menanam mangrove bukan didaerah tempat wisatanya tetapi agak menjorok kedalem lagi gitu, dan itu bikin aku makin excited hihihi.

Source: @HiLoSBY
Nah, yang berdiri ditengah itulah HiLo Green Ambassador 2013
And we are ready to plant the mangroves. yey!!!!


Sebelum menanam mangrove, kita di briefing gimana cara menanam mangrove yang bener, dijelasin sekilas tentang mangrove, entah itu habitatnya, fungsinya, manfaatnya untuk lingkungan, pengobatan, dll. Positif banget kan acara ini?

Ini sekilas tentang mangrove yang aku tangkep kemarin. Jadi, mangrove itu komunitas tumbuhan yang hidup didaerah pasang surut dan garis pantai. Mangrove ini ada banyak jenisnya loh tapi yang kemarin aku tanem itu jenis bakau (Rhizopora mucronata) yang nanti kalau tumbuh besar bakal gagah banget dan akarnya muncul diatas air. Manfaat hutan mangrove sendiri itu ngga sedikit, kawan. Bisa jadi tempat berlindungnya ikan, bisa jadi tempat persinggahan burung. Kemarin, bapak ahli lingkungan yang menjelaskan bilang gini, "Berdasarkan catatan, hutan mangrove di Wonorejo ini pernah menjadi tempat persinggahan 148 spesies burung dan jumlah itu masih mungkin terus bertambah." Keren ngga? keren banget yaa. Surabaya punya! Dan yang ngga kalah keren, ada bagian tertentu pada mangrove yang bisa bermanfaat untuk alat kontrasepsi, pewarna alami, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Subhanallah yaaa

Semoga mangrove yang kita tanem berhasil tumbuh besar yaa. Amin
Selesai menanam mangrove, acara selanjutnya yang ngga kalah asyik adalah menyusuri sungai dengan perahu kecil dan mbersihin sampah. Peduli lingkungan itu ngga boleh jijikan, kalau bukan dari diri sendiri yang memulai, mau nunggu siapa? mau nyalahin pemerintah? Hai, say something is much easier than do something. So, let's take action, guys!

Oh iya, naik perahunya ngga langsung ke TKP buat bersih sampah tapi kita dibawa menyusuri sungai yang cukup panjang sampai menembus laut lepas. Agak takut sih (kapan aku ngga bilang takut ya? lol) tapi serius, ini seru abis.  Selama diperjalanan itu, kita disuguhi pemandangan yang bener-bener bikin terperangah takjub walaupun ada beberapa keadaan juga yang bikin cukup miris sih. Let's photos talk then.

Find me? hehehe
Ini nih salah satu yang bikin aku agak miris.
Air sungainya keruh coklat. Kapan yaa sungai di Indonesia jernih
kayak tanyangan tv yang diluar negeri itu? hehehe
Semoga segera yaa. Amin
Sungai wonorejo dan deretan pohon mangrove.
Greget keindahannya bakal lebih kerasa kalau ngunjungi langung.
Percaya aku deh :)
Like a gate to the sea. Menuju laut lepas. Subhanallah
Sambil merasakan angin yang sepoi-sepoi ternyata aku melihat
sekelompok burung yang sedang singgah dipucuk pohon.
Memang aku kurang beruntung karena ngga bisa dapet momen
ngeliat monyet tapi gapapa lah yaa.



Dirasa cukup mengarungi lautan haha, nahkoda akhirnya memutar balik perahu dan baru deh kita menuju TKP buat bersih-bersih. Terus terang aja, ini pengalamanku pertama kalinya ke Ecowisata mangrove walaupun sebenarnya jarak rumahku cukup dekat. Pengalaman pertama dan langsung terjun menanam mangrove sekaligus bersih-bersih sampah, what a great experience that definitely unforgetable.

Pak Tohir
Sharing sedikit yaaa. Rasanya pantas bapak ini dapet penghargaan. Bapak difoto itu namanya Pak Tohir. Bapak itulah pengemudi perahu yang aku tumpangi. Aku sempet ngobrol beberapa hal karena memang aku agak SKSD kali yaa hehe. Pak Tohir bener-bener baiiikkkk dan tulus banget. Aku sempet mengeluh pusing dan agak mual waktu perahunya berhenti dan goyang-goyang gitu dan Pak Tohir dengan kebaikannya ngasih aku minuman berenergi (en*rg*n). Waktu temen-temen satu perahu ngga ada yang berani turun langsung ke air karena mulai pasang dan takut tenggelam, Pak Tohir dengan ikhlasnya turun dan ngambilin sampah buat diarahin ke perahu dan baru deh kita yang ngangkat sampahnya ke atas perahu dan ditaruh di karung sampah. Salut, pak. Semoga rezekinya Pak Tohir dilancarkan sama Allah yaa. Udah jarang banget menemukan orang seperti beliau.

Source: @HiLoSBY
HiLo green ambassador 2013 ikut berpartisipasi turun langsung ke sungai
Random photo
Bersihin sampah udah selesei, kita kembali ke daratan, cuci tangan dan kaki, dapet makan, sharing sejenak tentang HiLo green community dan HiLo green ambassador dan acarapun diakhiri.

Well, acara ini bener-bener positif dan ngasih aku banyak manfaat. Bener-bener ngga ngerasa rugi ikutan Peduli Mangrove, Peduli Surabaya. Super!


Sepulang dari acara ini, aku sama Andina ngga langsung pulang karena kita mampir ditempat wisata ecowisata Mangrove, Wonorejo, Surabaya. Penasaran sama keadaan didalemnya apalagi kata orang-orang tempat ini sering dijadikan spot untuk pemotretan pre-wedding dan pemotretan yang lain. And, here is the story.

Pembibitan benih mangrove
Diawal, aku mengira kalau tempat wisata ini ada tarifnya tapi ternyata GRATIS! Keren kan? Surabaya punya! hehehe

Tampak depan ecowisata mangrove



Sekarang, jembatan kayunya sudah jauh lebih baik. Beberapa saat yang lalu, aku lihat foto temen-temen yang foto disini, keadaan jembatannya hanya berupa pijakan kayu gitu tanpa ada pegangannya tapi sekarang alhamdulillah pembangunannya makin menuju ke arah yang positif. Alhamdulillah yaaa

Forget your problems and let's jump!
***
Aku kasih ulasan dikit yaa tentang ecowisata mangrove, Wonorejo, Surabaya. Menurutku, tempat ini cukup bagus ditambah lagi ada kemajuan ke arah positif dalam pembangunannya, kemarin juga aku ngelihat beberapa tukang bangunan sedang membangun sesuatu.

Namun sayangnya, jalan menuju tempat ini masih bergeronjal, tempat parkirnya juga masih kurang tanaman jadi bikin pantat waktu perjalanan pulang lumayan kepanasan hahaha. Tapi, aku percaya tempat ini akan jauh lebih baik kedepan. Pembangunan itu kan proses jadi pasti butuh waktu untuk membuat tempat wisata ini menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Selama perjalanan menyusuri jembatan kayu itu, kita ngga cuma jalan gitu aja, karena ada pigora-pigora penjelasan tentang mangrove dan jenis-jenis hewan yang bisa kita temukan didalam area ini.

Last but not least, semoga tempat ecowisata mangrove ini semakin baik kedepannya dan tidak disalahgunakan menjadi tempat pacaran yang "ngga" sehat. Amin

Sekian jelajah kota Surabaya part 3. Sampai jumpa pada jelajah kota Surabaya part 4. Ada ide aku harus kemana? hehehe

Thanks for reading.
Tetap semangat!
Good night 

3 komentar:

  1. Seems fun!

    Semoga yang ditanam tumbuh subur yaa
    Dan semoga sungai dan laut disana makin sehat juga

    Alhamdulillah kalau di padang sih cuma satu-dua yang sungai dan muara nya keruh
    tapi kalau sampah beuuuuuhhh... banyak banget
    harus sering ada acara seperti ini nih di padang
    :)

    BalasHapus
  2. Gabung lg yuk sm HGC Surabaya dan ikut berkontribusi menyelamatkan bumi kita :))))

    BalasHapus