Sabtu, 19 Juli 2014

Inspirasi Kue Kering Lebaran. Kastangel Mudah, Gurih, Enak, dan Renyah

Selamat malam teman-teman blogger. Lagi semangat ngeblog nih soalnya ngga ada kerjaan karena libur kuliah dua bulan ini sedangkan aku terkenal sebagai anak yang ngga bisa diem hahaha. Akhirnya, iseng bikin kue kering buat lebaran nanti. Lumayan bisa menghemat dan ada kebanggaan tersendiri looh kalau bikin kue kering sendiri. Kue kering pertama yang aku buat adalah kastengel. Cukup umum lah yaa. Yuuuk intip step by step-nya biar ngga penasaran. Mudah sekali kok dan rasanya enak, gurih, renyah juga. Alhamdulillah ^^

***
Bahan:
  1. 200 gram margarin
  2. 100 gram mentega (note: margarin sama mentega itu dulu aku kirain sama, ternyata beda loh. Tersedia bebas di toko bahan kue. Karena aku tinggal di daerah Surabaya timur, aku beli di toko bahan kue daerah Mulyosari. Selain itu, di daerah Pucang juga ada).
  3. 3 butir kuning telur
  4. 1 butir telur
  5. 300 gram keju cheddar diparut (sisakan secukupnya buat taburan diatas kue kastangelnya yaa)
  6. 2 sendok teh vanilla extract (ini optional, aku ngga pake dan tetep enak kok)
  7. 2 sendok makan susu bubuk
  8. 100 gram tepung maizena
  9. 250 gram tepung terigu protein sedang
Bahan buat olesan:
  1. 1 butir kuning telur + 1 sendok teh minyak goreng + 1 sendok teh air (kalau mau warna kuningnya lebih terlihat, bisa ditambahkan pewarna makanan warna kuning telur, satu tetes saja sudah cukup).

Step by Step:
1. Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Jangan lupa keju cheddarnya diparut dan disisakan sebagian untuk taburan diatas kastangelnya.

Keju cheddar. Karena parutan punyaku rusak,
akhirnya dipotong manual kecil-kecil, yang penting telaten hehe
2. Ayak jadi satu tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk. Sisihkan. Kalau merasa ketiga bahan ini sudah halus, ngga usah diayak juga ngga masalah tapi lebih baik diayak.

3. Siapkan mangkuk mixer, masukkan margarin dan mentega, kocok dengan kecepatan rendah sampai menjadi adonan yang tercampur dengan baik, smooth, dan warnanya pucat. Setelah itu, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok sampai merata. (note: kuning telurnya dimasukin satu persatu biar tercampurnya merata dan kocokan margarin + menteganya tidak menggumpal).

Campuran margarin dan mentega
Campuran margarin dan mentega yang sudah cukup pucat
4. Naikkan kecepatan mixer menjadi sedang dan kocok adonan hingga putih, mengembang, dan lembut. Aku pakai mixer merek Phillip, kurang lebih 10 menitan lah yaa.

5. Turunkan kecepatan mixer sampai paling rendah, dan masukkan parutan keju dan kocok hingga tercampur rata. Setelah tercampur rata, matikan mixernya.

Adonan margarin, mentega, telur, dan parutan keju
6. Setelah semua komponen dalam adonan tercampur rata, matikan mixer. Tambahkan campuran tepung terigu, maizena, dan susu bubuk sedikit demi sedikit dan aduk dengan menggunakan spatula. Kenapa pakai spatula? Karena kalau ngaduknya berlebihan, nanti bikin kastangelnya keras dan bantet.


Adonan sudah jadi. Yey!
7. Saatnya nyetak kastangelnya. Alasi meja yang datar pakai kertas baking. Kalau ngga ada, pakai plastik biasa sudah cukup kayak aku tadi. Ambil sebagian adonan dan taruh diatas kertas baking, kemudian tutupi bagian atas adonan dengan kertas baking juga, kemudian giling pake penggiling kayu. Untuk ketebalannya kurang lebih 1 cm lah yaa.


8. Sebelum diletakkan diloyang, olesi loyang pakai margarin dan taburi tepung secukupnya saja yaa supaya ngga lengket diloyang dan mudah diambil selepas nanti dipanggang dioven.

9. Letakkan adonan yang telah diiris dengan ukuran kurang lebih lebarnya 1 cm dan panjang 4 cm diloyang. Jaraknya ngga perlu jauh-jauh yaa. Olesi permukaan atas kastangel dengan kuning telur dan beri taburan keju cheddar.


10. Kastangel siap dipanggang! Panggang dioven kurang lebih 20 menit sampai permukaan atasnya tampak kuning keemasan. Makin lama dipanggang makin renyah tapi jangan kelamaan nanti gosong hahaha.

Kastangel sudah matang. Yummy!!!!
***
Satu resep ini bisa jadi 4 loyang persegi yang besar. Untuk jumlahnya aku ngga ngitung. Kurang lebih 100an lah yaa. Oh iya, resep ini dapet dari temenku sekampus yang sudah ngga diragukan lagi kemampuan masaknya. Selamat mencoba teman-teman. Masaklah dengan cinta seperti sponge bob, nanti hasilnya pasti enak hehehe.

Kastangel siap santap. Nyam nyam nyaaammmm
Thanks for reading 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar