Minggu, 24 Juni 2018

Dinosaurus Park Jatim Park 3 dan Indahnya Kompleks Wisata Coban Talun, Batu, Malang

Sebagai warga Surabaya, yang terlintas saat mendengar kota batu malang adalah sebuah kota dingin untuk tempat liburan. Zaman kecil dahulu, liburanku terbatas pada jatim park 1 yang sekarang semakin berkembang hingga jatim park 2, bahkan yang terbaru jatim park 3. Kota Batu memang identik sebagai kota pelepas penat warga Surabaya. Tiap ada waktu luang sedikit, seringkali terucap, "ngalam kuy" (read: malang yuk).


Seiring bertambahnya usia, selera liburanku-pun sedikit demi sedikit bergeser, dari yang well-prepared holiday (nginep, bekal, tujuan harus jelas dan pasti aman) berubah kearah yang bondo nekat, asal berangkat, nanti bisa dipikir disana mau nginep dimana, akomodasinya gimana, dan mau makan apa hihihi.

***
Sebulan yang lalu, saat ada long weekend, aku pergi ke batu, malang sama temen-temen. Walaupun saat itu puasa, bener-bener ngga menghalangi semangat kita buat nyari hiburan ditengah dunia koas gigi kita yang melelahkan.

Berangkat berdelapan naik kereta dari stasiun gubeng, tak ada satupun dari kita yang tidur selama diperjalanan, semangat kita bener-bener full, ada aja candaan yang kita lontarkan secara bergantian. Bahagia memang sederhana ya gengs.

Diambil dari dalam kereta penataran
Jatim park 3, BNS, alun-alun batu, coban talun, dan selecta. 5 destinasi yang sudah kita list jauh-jauh hari, dan aku paling menunggu yang bagian coban talun karena yang lainnya udah pernah aku kunjungi sebelumnya. And here is the story....

JATIM PARK 3
Setelah jatim park 1 yang berkonsep wahana wisata dengan berbagai bentuk permainan mulai dari permainan anak, kolam renang, sampai permainan yang menantang adrenalin. Kemudian, jatim park 2 yang memiliki konsep museum satwa dan kebun binatang. Dan, yang terbaru adalah jatim park 3 yang memiliki konsep taman dinosaurus dan patung-patung lilin berbagai tokoh.

Jadi, awalnya kita masuk mall gitu, nah di mall itu nanti kita baru beli tiket buat ke dino park atau ke patung lilin. Aku memilih buat ke dino park aja, harga tiketnya 100.000. Kalau kalian mau ke dinopark dan ke patung lilin juga, harga tiketnya 170.000.

Buat aku, tempatnya bagus dan tertata sangat rapi tapi lebih cocok buat wahana wisata edukasi anak-anak hehehe




 ***
Banyak orang bilang belum ke batu kalau belum njajan di alun alun-nya. Literally, alun-alun batu candu banget, bikin kalap mata, apalagi waktu itu bulan Romadon. MasyaAllah, surga banget 2 hari buka puasa selalu di alun-alun Batu.

Paling favorit selain pentol bakar, sempol, dan susu KUD
***
Kompleks Wisata Coban Talun
Biaya masuknya cuman 10 ribu aja gengs per kepala. Tapi, karena namanya kompleks wisata, jadi ada beberapa spot yang kalau kita masuk bayar lagi mulai dari 10.000 - 15.000. Spot-spot fotonya juga punya tema masing-masing, mulai dari apache camp, taman bunga hortangea, hutan pinus, rumah pagupon, dan lain lain.

Lima rumah khas dibelakang itu bisa disewa
untuk jadi tempat menginap selama kalian di coban talun

Taman bunga hortangea


Puas berfoto di berbagai spot, aku memutuskan untuk ke air terjun walau puasa. Jalan menuju air terjunnya hanya bisa dilalui lewat jalan kaki sekitar 2 kilometer. Selama perjalanan, kalian akan melewati hutan pinus, jembatan cinta, hingga akhirnya menuruni jalan tanah dengan kanan tebing dan kiri jurang.

Perjalanan ke air terjun dimulai dari jalan menurun

Kemudian, melewati sungai kecil

Ini namanya jembatan cinta, banyak mitos cerita dibalik berdirinya jembatan ini

Kalian juga bakal lewat hutan pinus

Sekitar 10 menit berjalan, air terjun sudah tampak, bikin makin semangat

Medan yang dilalui


Banyak banget ketemu monyet, ada juga yang turun ke jalan.

Aliran sungai dari air terjun

This is it! Coban talun




Jalan menuju coban talun lebih sulit dilalui karena medannya yang menurun jadi kita harus menahan kaki supaya tidak terperosok atau terpeleset jatuh, sedangkan jalan kembalinya lebih mudah karena menanjak tapi lebih melelahkan. Alhamdulillah, puasa bukan halangan buat mbolang hihihi.

Pulangnya mampir selecta bentar karena sejalan,
sembari menunggu jam kereta pulang

Alhamdulillah... terima kasih malang atas cuaca baiknya yang membuat liburanku dan teman-teman lancar sesuai rencana. Sampai jumpa di liburan selanjutnya yaaa.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar