Rabu, 18 November 2015

Resep cireng homemade sederhana dan super nagih!

Beberapa waktu yang lalu, ada temen yang jualan rujak cireng atau cireng rujak atau apalah namanya itu. Mau beli kok pikir dua kali karena lagi-lagi mikir ada MSGnya ngga ya? dan harganya kok mahal ya? hahaha. Sepulang dari kampus dan ada sedikit waktu luang, browsing lah kesana kemari resep jajanan masa kecil yang nagih ini dan akhirnya aku memutuskan mengeksekusi resep cireng dari JTT.

Bikin cireng ternyata mudah banget, gaes. You should try soon! Semenjak menemukan hobi baru yang tetap bertahan sampai sekarang, tiap jajan diluar mesti pikir dua kali, kalau bisa bikin sendiri kenapa harus beli? bikin homemade kan lebih sehat dan hemat wkwkwkwk

***
Bahan:
- 200 gram tepung tapioka/kanji
- 200 gram tepung terigu
- 2 batang daun bawang, rajang halus
- 400 ml air
- 8 siung bawang putih dihaluskan
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh margarin

Cara Membuat
1. Tepung terigu, tepung tapioka, dan daun bawang aduk rata dimangkuk, bikin sumuran ditengahnya. Sisihkan.
2. Rebus sampai mendidih air, bawang putih, garam, gula, merica, dan margarin. Kalau udah mendidih, tuang ke mangkuk no. 1
3. Aduk uleni sampai rata. Hati-hati yaa soalnya hangat-hangat panas
4. Kalau udah rata, tinggal dibentuk kayak cireng. Goreng di minyak panas sampai matang. Jadi deh!

*Note:
Cireng sebenernya bisa kalian kasih isian sesuatu ditengahnya. Kemarin aku ngasih isian keju cheddar yang melted, aku bayangin pasti lebih enak lagi kalau dikasih mozarella. Kalian juga bisa isi pake sosis, beef, dan lainnya sesuai kreativitas kalian deh.

Untuk sausnya, aku ngga bikin sambel rujak karena menurutku ribet. Jadi, aku cuma motongin beberapa buah cabai rawit pake gunting, tambahin kecap secukupnya, plus air dikit aja biar ngga terlalu kental. Taraaaa, jadi deh sambel kecap!


HAPPY COOKING, GUYS!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar