Senin, 16 November 2015

#ExploreSurabaya Museum BI (Bank Indonesia)

*usap sarang laba-laba diblog*
halo teman-teman, akhirnya aku muncul lagi. Yaa alhamdulillah hampir 7 bulan ngilang dari blog karena ngga nyempetin waktu buat mbuka, sempet lupa password juga, dan segudang alasan lainnya tapi akhirnya hari ini mood ngeblog lagi tinggi setinggi gunung semeru *apasih*.

Gimana kabar kalian? Alhamdulillah, aku baik bahkan sangat baik. Segudang aktivitas sudah aku jalani *ceilah, sok sibuk* dan syukurlah kesehatan masih fit cuman kemarin sempet kena muntaber hiks hiks.

Well, semenjak ada kekasih, hobi jalan-jalan untuk mengeksplor tempat-tempat baru makin meningkat karena dia juga seneng jalan-jalan (+ makan). Semenjak ada dia juga, berat badanku naik karena aku ketularan seneng makan, diajak wisata kuliner kesana kemari. Kayaknya emang bener yaa kalau "love is growing fat together" dan "tingkat kebahagiaan itu sebanding sama berat badan". ulalaaaaa hahahaha

Salah satu tempat yang pernah kita kunjungi adalah museum BI (Bank Indonesia) atau biasa dikenal sebagai Museum De Javasche Bank. Aku dapet rekomendasi tempat ini dari adik yang udah duluan ngunjungi tempat ini.

Pintu masuk museum
Museum ini terletak di jalan Garuda no. 1, deket banget sama jembatan merah plaza (JMP) dan museum house of sampoerna yang juga udah pernah aku ceritain disini. Didalam museum ini, kalian bisa dapet banyak ilmu pengetahuan baru seputar sejarah perbankan di Indonesia, mesin-mesin yang berhubungan dengan uang, galeri dokumentasi bank Indonesia, dll dengan tarif masuk Rp. 0. Keren kan? Gratis plus nambah wawasan baru. Yuk cusss kesini teman-teman!!!!

Galeri dokumentasi bank Indonesia yang dipajang dengan rapi
Mesin uang

mesin untuk memusnahkan uang
Etalase uang rupiah mulai dari zaman dahulu kala
Anak TK mau mbuka brankas wkwkwk


Museum BI ini sendiri terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama yaa kurang lebih gambarannya foto-foto diatas. Dilantai satu ini ada beberapa sekat ruangan dengan pintu yang sangat tebal. Nuansa dari museum ini sangat kental dengan gedung zaman dahulu. Walaupun gitu, gedung museum ini bener-bener keliatan masih bagus, terawat, dan bersih jadi nyaman banget buat dikunjungi. Dilantai satu ini juga ada semacam lorong berbentuk U. Tepat ditengah lorong tersebut, ada semacam pintu brankas yaa mungkin dulu dibuat nyimpen duit, mungkin loh yaa hehe

Dilantai dua, ada semacam ruangan yang cukup luas tanpa sekat mirip kayak aula gitu dengan arsitektur yang indah. Selain itu, ada juga kayak ruang tamu sama sekat-sekat loket yang entah dulu buat apa. Sedangkan dilantai tiga, cuma ada ruangan yang tepat dibawah atap, kata bapak penjaga museum tersebut, ruang ini biasanya dibuat mahasiswa ITS buat melihat struktur bangunan dari museum ini.

Aula lantai dua
Menurutku pribadi sih, museum ini udah good enough lah yaa dan lumayan buat ngisi waktu luang dan nambah wawasan terutama tentang perbankan. Tata letak koleksi museum juga udah cukup bagus. Buat kalian yang di Surabaya dan buntu bingung mau kemana lagi, yuk cuss ke museum ini!!!!

Cukup sekian dulu. Sampai jumpa di #ExploreSurabaya berikutnya. Thanks for reading. Have a nice day  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar