Minggu, 30 Maret 2014

Terang Bulan Mini Labu Kuning

Banyak orang didunia maya maupun temen-temen didunia nyata bertanya bagaimana aku bisa membuat masakan ini itu. Biar aku menjelaskan sedikit. Aku sama sekali tak mahir dibidang memasak. Mulai kecil sampai umur 17, Aku mengalami trauma dan ketakutan tinggi terhadap api, kompor, dkk karena saat aku balita, aku sempat mengalami kecelakaan tersiram air panas hingga hampir seluruh badanku melepuh.

Beberapa tahun belakangan, aku mencoba melawan ketakutan itu tapi belum berhasil karena dari sekian percobaan memasak, masakanku selalu gosong, enek, dan gagal. Hingga pada satu hari, aku menemukan blognya mbak diah didi. Visit her blog here. Blog resep masakan terlengkap yang pernah aku temui. Cara menjelaskan tahap memasaknya mudah dipahami, bahan-bahan masakannya hampir semua ada di pasar dan swalayan deket rumah. Disitulah awal aku belajar masak mulai dari nol hingga akhirnya masakan pertamaku yang berhasil adalah ayam koloke.

Satu masakan berhasil, aku mencoba resep yang lain. Aku tak pernah sebahagia ini ketika memasak. Hingga sampai saat ini, keluarga dirumah, bude yang sering aku anterin masakanku, mengakui aku sekarang pandai memasak. Jauh berbeda seperti dulu. Walaupun begitu, aku belum merasa pandai memasak.

***
Hari ini, aku kembali memasak. Entah resep ke berapa yang aku coba dari blognya mbak diah didi. Dan lagi, aku berhasil, semua bilang enak! Alhamdulillaaaaah

Resep bisa dilihat disini. Karena ada beberapa permintaan untuk menjelaskan tahapan resepnya. So, let's enjoy this!

Sebagian bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan:
Tepung terigu 500 gram
4 butir telur
300 gram labu kuning, dikukus, dihaluskan (kalau aku kemarin diblender)
80 gram gula pasir
1 sendok teh baking powder
1 sendok teh ragi instan (fermipan)
1/2 sendok teh soda kue
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh vanili bubuk
700 ml air
2 sendok margarin, lelehkan

Tahap memasak:
1. Kukus labu kuning

Kukus labu kuning
2. Sambil nunggu labu kuningnya dikukus. Campurkan tepung terigu, baking powder, gula, dan garam. Aduk rata pake sendok aja cukup. Terus sisihkan.

Campuran tepung terigu, baking powder, gula, dan garam
3. Kembali ke nomer 1. Setelah labu kuningnya dikukus. Labu kuning dihaluskan.

Labu kuning diblender
4. Setelah labu kuning dihaluskan, labu kuning yang sudah halus dicampur dengan 700 ml air, aduk rata. Terus campurkan labu kuning+air  ke tepung terigu tadi terus diaduk sampe rata pake alat pengocok.

Labu kuning setelah diblender

4. Setelah itu, masukkan telur dan aduk rata. Masukkan ragi instan, aduk rata. Diamkan selama 30 menit.


5. Setelah didiamkan 30 menit. Masukkan margarin leleh, soda kue, dan vanili. Aduk rata.
6. Panaskan wajan cetakannya, tunggu sampai benar benar panas. Tuang adonan kecetakan, tekan tengahnya untuk membentuk kulit. Angkat bila matang.


Karena pake labu kuning,
jadinya warnanya kuning cantik alami

7. Olesi atasnya pake margarin atau susu kental manis (aku lebih suka pake susu kental manis), beri toping sesuai selera. Aku pakai toping keju dan misis coklat. Kalian bisa pakai kacang, selai, dll.

This is it! Terang bulan mini labu kuning :)
Terimakasih mbak diah didi yang secara tidak langsung bikin aku jatuh cinta sama memasak. Selalu ditunggu menu-menu barunya yang selalu bikin ketagihan pingin masak lagi, lagi, dan lagi.

Happy cooking, teman teman 

5 komentar:

  1. aawww makasih resepnya yaa akuu sebagai penggemar terang bulaan terbantu bangeet^^
    follback blogku yaaa^^ http://irmanoviyantiarsuman.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Yummmy!

    Jadi pengen bikin jugaa
    tapi susah kayaknya :(

    BalasHapus
  3. Mudah juga ya resepnya,,
    salam kenal admin recipe and herb

    BalasHapus