Rabu, 26 Februari 2014

Sebuah Pelarian

Hidup itu emang ngga bisa dilepasin dari yang namanya masalah. Entah itu masalah internal keluarga, masalah sama pacar, masalah sama temen, sahabat, masalah di kampus, masalah dilingkungan kerja, dan lainnya. Tapi, bayangin aja kalau ngga ada masalah, gimana lempeng dan membosankannya hidup ini. Jadi, kalau ada masalah yang dateng, jangan coba-coba buat lari. Hadapi, cari solusi, dan tuntaskan. Pelarian dari suatu masalah itu cuma bakal memperpanjang, dan memperumit masalah itu sendiri. hehehehe

Well, ngomongin tentang masalah hidup. Aku baru saja mengalaminya, dan itu sama sekali bukan masalah sepele. Tapi, alhamdulillah sudah aku tuntaskan juga solusinya. Sekarang ini, tinggal aku menghadap kedepan, melupakan masa lalu, dan berbuat lebih baik, lebih hati-hati, dan tidak salah memilih teman, dan semoga jodohku segera datang *heyaaaa.

Namanya juga manusia. Kadang bahkan sering, aku masih suka kepikiran, tiba-tiba merenung, terus ngelamun, ngebayangin yang enggak-enggak, apalagi kalau ngga ada kesibukan dan lagi libur kuliah kayak sekarang, kerjaan paling absurd pasti ngelamun dan endingnya pasti ngga tenang, kepikiran, dan galau. Ngga banget kan kebiasaan kayak gini? Jadinya, aku mencoba nyari kesibukan positif yang lain. Internetan, facebook, twitter, dll ternyata mbosenin, terlalu lama menghadap layar laptop bikin kepala pusing, kelamaan tidur juga bikin pusing, semua novel dan buku bacaan sudah aku baca, persediaan film juga udah habis.

Akhirnya, aku memutuskan untuk belajar memasak. Sebagai calon ibu, (menurutku) ibu yang baik itu yang pinter masak karena ia tahu bagaimana cara menghidangkan masakan enak yang mampu bikin keluarganya sehat, bikin suami dan anak-anaknya kenyang dan bahagia. Jadi, dimulailah belajar masak dengan bantuan bukneng, rewang yang masakan rumahannya ngga diragukan lagi rasa enaknya.

Ayam Koloke
Resep dari sini. Cuman resep aslinya pake jamur tiram, karena dikulkas waktu itu ada ayam, akhirnya aku manfaatin bahan yang ada dikulkas aja, lebih hemat dan rasa tetap nikmat. Adek seneng banget makan ini, katanya enak. Rasanya seneng banget waktu dibilang masakan yang kita masak itu enak. Alhamdulillah

Nugget Tahu Sayur
Setelah masak ayam koloke, ayah bilang "masak sayur yang enak biar kamu juga seneng makan sayur". Aku emang ngga seneng sayur sejak kecil dan kebawa sampe sekarang. Akhirnya aku bikin nugget dari tahu dan sayur. Semua satu keluarga bilang enak dan mereka doyan apalagi adekku yang emang doyan makan. Resepnya dapet dari sini. Diresep aslinya, masih ada bahan daging ayam. Kalau kemarin aku bikin, bener-bener ngga pake daging ayam. Murni bahan dasarnya tahu dan sayur.

Lumpia Isi Ayam dan Sayur
Resep didapat dari sini. Resep aslinya itu risoles singkong. Harusnya bikin isi risolesnya dulu baru bikin kulitnya dari singkong parut yang diuapin ditutup panci dan ditaruh di atas air yang mendidih. Karena tahap memasak dari awal sudah kurang tepat, akhirnya gagal deh bikin kulit risoles dari singkong. Alhasil, aku berinovasi dikit, jadinya yaa lumpia isi ayam dan sayur. Diluar dugaan, rasanya enak. Ayah doyan, aku juga doyan. Waktu adek pulang les, dia kehabisan lumpianya, cuman sisa tiga dan katanya kurang banyak. Hehehe

Gabin Isi Ragout
Resep dari sini. Karena salah milih wajan, akhirnya beberapa gabinnya lengket diwajan. Gapapa. namanya juga belajar. Gabin ini langsung habis karena dibawa ayah buat bekal dinasnya keluar kota. Alhamdulillah

Gethuk
Resep dari sini. Maunya bikin gethuk lindri, gethuk kesukaanku waktu kecil yang bentuknya kayak mie. Tapi, karena ngga punya cetakannya akhirnya dibikin bentuk kayak gitu. Yang putih pake gula putih, yang coklat pake gula merah. Rasanya enak cuman yang warna coklat kebanyakan gula jadi kemanisan. Makan 1 buah saja rasanya udah kenyang.

Bihun Godog Jawa
Resep dari sini. Masakan ini barusan matang beberapa saat yang lalu. Bukneng beli bihun dari kampung halamannya. Akhirnya, aku masak dan jadilah bihun godog jawa. Bumbu dan bahannya lumayan banyak, alhamdulillah berhasil dan setiap komponen bumbunya meresap dan kerasa enaaaaaakkkkk.

Memasak ternyata menyenangkan, dan bikin kepuasan tersendiri kalau masakannya enak dan berhasil. Memasak itu mudah kok asal ada niatnya. Happy cooking, everyone. Tetap semangat!

1 komentar: