Minggu, 25 Februari 2018

Pengalaman #ExploreSurabaya Naik Bus Surabaya Heritage Track

Buat anak Surabaya yang weekend dan buntu dirumah, bosen ngemall, ngga ada duit buat keluar kota. Liburan pake bus Surabaya Heritage Track (SHT) ajaaa!!!!!!

Aku dapet rekomendasi liburan terjangkau ini dari temenku. Katanya selain bis yang gratis, kita bisa nambah wawasan tentang Surabaya. Keren banget deh pokoknya. Untuk jadwal bisnya, bisa klik disini. Karena peminatnya yang cukup banyak, lebih baik kita reservasi dulu sih atau dateng jauh lebih pagi dari jadwal keberangkatan karena kalau ngga gitu yaa kemungkinan besar ngga dapat tempat duduk.

Bis SHT
Bis SHT sendiri kapasitas kursinya ngga seberapa banyak. Pada saat pertama kali coba naik, aku kesiangan dan alhasil ngga dapat tempat duduk dan pulang dengan kecewa. Untuk yang kedua kalinya, aku kembali kesiangan dan ngga dapat tempat duduk, akhirnya aku masuk antrian cadangan, dimana kalau ada orang yang cancel baru deh aku bisa ikut naik dan alhamdulillah waktu itu ada orang yang cancel. Rejeki anak sholehah hehehehe

Aku memilih rute yang pukul 13.00 dimana rute dimulai dari house of sampoerna - tugu pahlawan - PTPN XI. Kenapa milih rute ini? karena aku penasaran banget sama gedung PTPN XI.

***
Selama perjalanan dari house of sampoerna menuju ke tugu pahlawan, kita bakal didampingi sama tour guide yang menceritakan gedung-gedung lama yang kita lewati. Mulai dari kantornya AWS mallaby, jembatan merah, rel kereta api yang diatas jalan raya, dlllll. Daannn sebagai orang yang lahir dan besar di Surabaya, honestly aku bahkan baru tau waktu tour guide nya nyeritain. Keren banget deh buat nambah pengetahuan tentang kota sendiri.

Sampai di tugu pahlawan, kita dibawa masuk ke museumnya, buat yang pelajar/mahasiswa gratis masuknya, buat selain itu bayar 5000 saja.

Tugu Pahlawan




Bu Dar Mortir, satu satunya pahlawan wanita yang fotonya dipampang disitu
Dari sekian banyak sejarah yang diceritakan oleh tour guide nya, aku paling tertarik sama cerita pahlawan wanita namanya Bu Dar Mortir. Bu Dar Mortir merupakan sosok pahlawan wanita yang berjasa dalam hal menginisiasi terbentuknya dapur-dapur umum yang digunakan untuk membuat konsumsi buat para pejuang saat itu. Subhanallah

***
Selesai dari tugu pahlawan, perjalanan dilanjutkan ke PTPN XI. Gedung PTPN XI telah dibangun sejak jaman Belanda. Gedung ini masih terawat dengan baik dan digunakan sampai saat ini sebagai kantor PTPN XI yang bergerak dalam bidang pabrik gula.



Ketika digedung ini, kami dibawa ke bunker bawah tanah yang pada zaman Belanda dulu, bunker tersebut bisa tembus ke berbagai tempat di Surabaya. Dan dari tourguide juga, aku baru tahu kalau di Surabaya masih ada puluhan bunker yang menghubungkan satu tempat ke tempat yang lain. Keren banget kota kelahiran akuuuu....

Bunker bawah tanah
Worth it banget keliling Surabaya pake bis SHT, you should try geeeenggssss. Karena aku ketagihan, aku jadi pengen naik lagi tapi yang jam sore karena jam sore itu kita bakal dibawa ke kraton yang pernah ada di Surabaya. Woooowwww.....

Sampai jumpa di liburan selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar